Rabu, 10 Agustus 2016

Menelaah Perbedaan Penggunaan Antara Profil, Halaman dan Group Facebook dalam Mendukung Publikasi Program Pemerintah

Kita semua tidak asing lagi dengan jejaring sosial facebook. Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg tersebut memiliki tiga fitur utama yang bisa kita pilih, yaitu halaman (pages), grup (groups), dan profil (profile).

Sepintas fitur ini terlihat serupa, namun ketiga fitur Facebook ini sebenarnya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Karena minimnya kesempatan untuk mempelajari aturan dasar dan mencari penjelasan, maka banyak pihak belum memaksimalkan fungsi ketiga jenis fitur tersebut.

Mari kita lihat perbedaan antara pages, groups, dan profile di Facebook.

1. Facebook Profile (Akun Pribadi)

Fitur profil ini diperuntukkan bagi individu dan bukan untuk fungsi komersial. Dengan profil, pengguna Facebook bisa berbagi status, foto, video, bahkan tautan situs

di Newsfeed. Pengguna juga bisa menambah teman chatting dan berbincang secara daring dengan teman-teman yang mereka inginkan.

2. Facebook Page (Halaman Facebook)

Facebook Page berfungsi sebagai lini masa (time line) untuk organisasi, bisnis, merek dan tokoh masyarakat. Serupa dengan profil, pemilik/pengelola halaman dapat

memposting cerita, informasi, menambahkan foto sampul, membuat acara dan banyak lagi fungsi yang bisa dimanfaatkan. Mereka yang memiliki "menyukai" Halaman akan

melihatupdate Page di Feed Berita mereka. Siapapun dapat membuat Facebook Page, tetapi hanya perwakilan resmi dapat membuat dan mengelola Halaman untuk sebuah

organisasi, bisnis, merek atau tokoh masyarakat. Untuk membuat sebuah Halaman, yang kitan butuhkan adalah memiliki profil Facebook (akun pribadi).

Seorang pemilik halaman dapat mengelola beberapa halaman dan dapat memberikan izin bagi orang lain untuk menjadi administrator untuk membantu mengelola halaman resmi.

3. Facebook Group (Grup Facebook)

Saat ini, jutaan orang telah menggunakan grup Facebook. Tujuan pembuatan group bisa berisi forum diskusi, berbagi foto, berbagi link, update dan banyak lagi. Facebook Group juga bisa digunakan untuk menghubungkan keluarga, teman sebaya, rekan tim, rekan kerja atau orang-orang dengan kepentingan yang sama. Setiap Anggota group dapat bertanya dan menjawab pertanyaan, membuat posting tertentu dan mengikuti percakapan tentang topik yang menarik bagi mereka. Selain itu, Facebook Group memungkinkan kita untuk mengirim pesan massal langsung ke kotak masuk anggota. Facebook Group memiliki tiga jenis privasi yang bisa dipilih, yaitu public (terbuka), closed (tertutup), dan secret (rahasia).

Dari ketiga jenis fitur layanan facebook, berikut ini saya ilustrasikan penggunaan facebook di Instansi Kecamatan,sebagai berikut:

1. Facebook Profil
Dapat digunakan oleh pribadi Camat, Sekretaris Kecamatan dan apartur lainnya.  Penamaan akun ini menggunakan nama pribadi/individu. Untuk memperjelas status pekerjaannya, dapat dilakukan dengan penambahan informasi pada Pekerjaan.

Misalnya Pak ABU (menggunakan Nama Pribadi) selaku Camat YYY. Sebagai Individu seorang Camat bisa saja dipindahtugaskan atau purnabhakti. Maka perubahan pekerjaan bisa dilakukan dengan melakukan penyuntingan pada akun pribadi.

2. Halaman (pages)
 di Gunakan untuk Instansi Resmi Misal Kecamatan YYY. Sebagai Halaman Resmi Instansi Pemerintah Kecamatan, Halaman bisa dikendalikan oleh beberapa orang admin. Sehingga ketika terjadi perubahan formasi jabatan, Publikasi melalui Halaman Resmi ini tidak terganggu.

3. Grup (Groups) 
Dapat digunakan untuk anggota group  interen aparatur/Pegawai di Kantor Kecamatan YYY. Berfungsi untuk membuat pengumuman yang bersifat intern, di kendalikan oleh beberapa orang admin.

Telaah yang saya lakukan ini berdasarkan makin memasyarakatnya penggunaan media sosial facebook. Penggunaan media sosial secara  yang baik dan bijaksana akan menjadi pemicu kemajuan sebuah wilayah. Semoga Bermanfaat.

Sumber Bacaan :
1. http://industri.bisnis.com/read/20141020/105/266149/apa-perbedaan-profile-pages-dan-group-facebook-ini-penjelasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar